07 February, 2021

Conditional Sentences

Conditional Sentences

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris disebut ‘Conditional Sentence’. Ada 3 kalimat pengandaian, yaitu:

CONDITIONAL SENTENCE type 1

 

 

 IF + Subject

Present

Future

V1s/es

will + V1

Is, am, are

Modal + V1

 

 

 

Menyatakan angan-angan atau cita-cita yang mungkin terjadi waktu akan datang.

Example:

My uncle will buy a new car if he gets some money

  • Paman saya akan membeli sebuah mobil baru jika dia mendapatkan uang

If the weather is fine, we will go to the beach

  • Jika cuacanya baik, kami akan pergi ke pantai

If you send me a flower, I will be happy

  • Jika kamu mengirimi saya bunga, saya akan bahagia

CONDITIONAL SENTENCE type 2

 

 

 IF + subject

Simple Past

Past Future

V2

would + V1

Were

Modal past + V1

 

 

 

Menyatakan angan-angan yang tidak mungkin terjadi karena tidak sesuai dengan kenyataannya.

If my father had much money, he would buy me a motorcycle (in fact, my father doesn’t have much money, so he will not buy me a motorcycle; Nyatanya, ayah saya tidak punya uang).

CONDITIONAL SENTENCE type 3

 

 

 IF + Subject

Past

Past Future

Had + V3

would + have + V3

 

 

Menyatakan suatu penyesalan

If I had studied hard before the test, I would have answered the questions easily

(In fact, I didn’t study hard; Nyatanya, saya tidak belajar dengan giat) 

Used to do

“Used to” digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang biasa terjadi di waktu lampau namun saat ini tidak terjadi lagi. Used to bukanlah bentuk Kata Kerja 2 dari Use, melainkan satu kesatuan kata yang berarti “biasanya”. Dalam Bahasa Inggris penggunaan kata tersebut banyak menghiasi percakapan. “Used to do” berbeda dengan “to be used to doing” dan “to get used to doing”.

Used to do

used to” digunakan untuk sesuatu yang terjadi secara reguler di masa yang lampau namun kejadiannya tidak lama.

Contoh:

  • I used to smoke a packet a day but I stopped two years ago.
    (Saya biasanya merokok sebungkus per hari namun saya sudah berhenti 2 tahun yang lalu)
  • Tom used to greet us but when he became a boss, he has never done it anymore.
    (Tom biasanya menyapa kami tetapi ketika dia menjadi seorang bos, dia tidak pernah menyapa kami lagi)
  • I used to drive to work.
    (Dulu saya biasanya naik mobil ke tempat kerja)

To be used to doing

“To be used to doing” digunakan untuk menjelaskan situasi atau kejadian yang biasa (menyatakan kebiasaan).

Contoh:

  • I’m used to studying English by myself.
    (Saya sudah terbiasa belajar bahasa Inggris sendiri)
  • He is used to writing with his left hand.
    (Dia sudah terbiasa menulis dengan tangan kirinya)
  • We have been used to living in this extreme weather.
    (Kami sudah terbiasa hidup dalam cuaka yang ekstrim seperti ini)

  

0 comments:

Post a Comment

Invitation

  Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan undangan Inviting (mengundang/mengajak)   Undangan/Ajakan Menolak ...