Level Kognitif | Unsur Kebahasaan | |
Pengetahuan dan Pemahaman | 1 | Siswa dapat mengidentifikasi kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: |
Mengidentifikasi | a. | persamaan kata |
b. | word order | |
c. | article, demonstrative, possessive | |
d. | pronoun | |
e. | agreement dan number | |
f. | tenses | |
g. | passive voice | |
h. | referensi gramatika | |
i. | kata sambung | |
j. | preposisi | |
Aplikasi | 2 | Siswa dapat membandingkan, mengidentifikasi,menjelaskan kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: |
Membandingkan | a. | persamaan kata |
Mengklasifikasi | b. | word order |
Menjelaskan | c. | article, demonstrative, possessive |
d. | pronoun | |
e. | agreement dan number | |
f. | tenses | |
g. | passive voice | |
h. | referensi gramatika | |
i. | kata sambung | |
j. | preposisi | |
k. | modal | |
l. | kalimat conditional | |
m. | konstruksi derivative | |
Penalaran | 3 | Siswa dapat membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: |
Menyimpulkan | a. | persamaan kata |
Merinci perbedaan/ | b. | word order |
persamaan | c. | article, demonstrative, possessive |
Menganalisis | d. | pronoun |
e. | agreement dan number | |
f. | tenses | |
g. | passive voice | |
h. | referensi gramatika | |
i. | kata sambung | |
j. | preposisi | |
k. | modal | |
l. | kalimat conditional | |
m. | konstruksi derivative | |
n. | kalimat, frasa, ungkapan simpulan | |
Keterangan : | ||
Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks: | ||
1) | Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. memuji, menawarkan, menyarankan) | |
2) | Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label) | |
Descriptive, recount, procedure, report |
0 comments:
Post a Comment