19 February, 2019

Announcement Text


Pengertian Pengumuman (Announcement)
Pengumuman atau Announcement berasal dari kata kerja announce yang memiliki arti ‘mengumumkan’, ‘memberitahukan’, ‘menyiarkan’. Dari kata tersebut, dapat diketahui bahwa definisi atau pengertian dari pengumuman (Announcement) yaitu statement that tells people, whether public community or limited people of certain institution, about something. The information is delivered officially to public in written or oral form. Artinya, pengumuman merupakan pernyataan yang mengandung sesuatu, seperti informasi, yang disampaikan secara resmi kepada publik dalam bentuk lisan atau tulisan. Jadi, tujuan pengumuman adalah untuk memberikan informasi.
Jenis Pengumuman (Announcement)
1.      Pengumuman komersil/iklan, seperti iklan di radio, TV, koran, majalah, atau toko
2.      Pengumuman non komersil, seperti pengumuman jasa pelayanan publik/umum, pengumuman kegiatan, pengumuman tentang sekolah atau pendidikan, pengumuman bisnis
3.   Pengumuman yang bersifat pribadi, seperti Pengumuman mengenai berita pernikahan, ulang tahun, kelahiran, dan peresmian, Pengumuman mengenai berta duka.

Tujuan Pengumuman (Announcement)
Melihat dari definisi atau pengertian Announcement Text tersebut, dapat diketahui bahwa tujuan dari Announcement Text adalah to inform something related to an event, job, new admission, new environment, and so on, to public officially. Artinya, teks pengumuman berfungsi untuk menginformasikan sesuatu yang berkaitan dengan sebuah acara, pekerjaan, penerimaan baru, lingkungan baru, dan sebagainya, yang disampaikan ke publik secara resmi.
Struktur Kebahasaan Annoucement Text (Generic Structure of Announcement Text)
Sama seperti jenis teks lainnya, Announcement Text pun memiliki struktur kebahasaan (Generic Structure) sebagai berikut:
1. Title
Title atau judul merupakan gaian terpenting dalam pengumuman karena bagian ini dapat mewakili informasi yang terkandung dalam teks. Akan tetapi, judul atau title ini sering disebutkan dengan tidak jelas.
2. Explanation
Explanation atau penjelasan merupakan bagian selanjutnya yang berisikan penjelasan lebih lanjut mengenai pengumuman tersebut. Bagian ini berisikan penjabaran mengenai informasi yang disampaikan kepada khalayak ramai. Penjabaran tersebut biasanya terdiri dari hal dasar, seperti jenis kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, peserta kegiatan, dan hal lainnya. Bagian penjelasan ata explanation ini ditulis dengan singkat dan jelas sehingga dapat dengan mudah dibaca dan dimengerti.
Bagian – Bagian Announcement Text
Terdapat beberapa bagian dalam Announcement Text, yaitu sebagai berikut:
• Judul atau jenis acara / kegiatan (Title / type of the event)
• Tanggal dan waktu acara / kegiatan (Date and time of the event)
• Tempat acara / kegiatan (Place of the event)
• Nomor orang yang dapat dihubungi atau alamat yang dapa dituju (contact person / address)
Contoh Pengumuman (Announcement)
Contoh

Attention
For: All students, teachers, and staff

You are not allowed to drive your car or ride your motorcycle to school if you don’t have a driving license.




dari berbagai sumber. salah satunya dari kakakpintar.id/pengertian-announcement-text-tujuan-dan-4-contohnya/

0 comments:

Post a Comment

Invitation

  Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan undangan Inviting (mengundang/mengajak)   Undangan/Ajakan Menolak ...